Bukan Pencuri, Be Original



Menjadi asli, itulah makna dari judul di atas, singkat amat? amat aja singkatan dari Aduh Mak Aku Takut (gak nyambung$.$). eits tapi jangan salah tulisan yang diambil setelah munculnya isu isu mengenai pemblokiran situs ini akan menjadi sebuah tren setter, jika anda pengguna twitter istilahnya menjadi trending topic.
Originalapa itu original? original adalah anak gadis yang belum menikah, biasanya disebut gadis saja, ups salah, ternyata itu virgin, jauh ya? emang jauh, naik kapal aja bisa beberapa minggu.

Agak serius dikit lah, virgin itu berbeda dengan  original (lho kok virgin lagi), sebuah karya original merupakan ide pokok, cipta, rasa dan karsa para ilmuwan seni, ide tersebut bisa menghasilkan sebuah benda maupun gagasan, gagasan atau benda tersebut memiliki karakter dari sang masterpiecer, antara pembuat dan karya yang dihasilkan tidak dapat di ganggu gugat kerelasionalitasannya, dan karya tersebut belum pernah dibuat publisitas oleh orang lain.(wah bahasanya agak tinggi y? gak juga, cuma agak maksa dikit). 

Sebagai contohCharles Darwin membuat sebuah buku yang ber label The Origin Of Species, buku tersebut pada dasarnya merupakan sebuah gagasan Charles darwin sendiri, entah dapat nya dari wangsit atau pencarian di gurun sahara, namun karya tersebut memiliki unsur originalitas, kok bisa? bisa dong, kan sebelum era Charles Darwin belum pernah gagasan ini muncul. Albert eistein terkenal dengan teori relativitas nya, yaitu E=MC2, E merupakan Energi, M adalah Massa, dan C merupakan kecepatan cahaya. Leonardo Da Vinci dengan karyanya Mona lisa, dan masih seabrek lagi.

Sampai kapan pun karya original dan gagasan original akan dikenang sepanjang masa, bahkan sampai masterpiecer itu sendiri sudah almarhum, seperti pepatah spanyol, tak ada gading yang tak retak,eh salah ding, Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, begitulah kira kira. 

Sebuah situs internet yang raksasa, namanya Megaupload akhir akhir ini marak diperbincangkan di dunia maya, situs tersebut diambil alih oleh FBI, tapi bukan Fans Berat Inul, melainkan Federal Bureau of Investigation, yah semacam pihak intelegen gitu. bahkan pemiliknya yang berada di Aussie ditangkap pasukan anti teror pemerintahan Amerika Serikat United di rumah mewah nya (MegaHouse?), Pemerintahan bule tersebut melakukan aksi pemblokiran bukan karena kesal, tapi mereka mendapatkan laporan mengenai pelanggaran hak cipta dunia internet. istilah beken nya Online Piract Act.

Siapa yang salah? jika pertanyaan ini muncul di "whats on your mind" anda, maka tulislah di status facebook anda. oo bukan begitu maksud saya, maraknya pelanggaran hak cipta bisa muncul akibat dari niat dari pelaku dan adanya kesempatan, mirip acara berita kriminal jadul kah? yah, memang begitu adanya. Niat jahat para plagiator bisa timbul karena demand para kustomer atau untuk dirinya sendiri, setelah plagiator sudah berniat jahat dan mempersiapkan bumbu nya, maka pelanggaran hak cipta baru terjadi, namun aksi pencurian hak cipta tersebut masih bisa di atasi oleh keamanan dari karya itu sendiri, misalnya dibuat sebuah password serumit labirin, dan juga hanya mengupload data di situs trusted. namun bila pemilik data itu sendiri asal asalan dalam mempublish sebuah penciptaan karyanya, maka kesempatan hak ciptanya dilanggar akan semakin besar juga.


Sebagai pengguna internet yang baik dan benar, tidak ada salahnya kita juga menghargai karya orang lain, caranya bisa dengan mencantumkan nama hak cipta, atau juga meminta ijin dahulu pada yang punya, istilahnya nderek langkung dahulu pada empunya.
Anda tertarik jadi Original?, harus dong, caranya ciptakan ide baru, inovasi produk baru, dan temukan solusi, hasilnya? lihat saja SMK di solo berhasil menciptakan mobil Home made ESEMKA, keren dan AMAZING tentunya.

Sekian dulu, tulisan ini dibuat oleh Zeinpribadi bukan Maher Zain loo, jika Maher Zain lagunya berjudul Insya Allah kalo Zeinpribadi judulnya MasyaAllah. Tulisan ini hanyalah mengungkapkan pendapat dari sudut pandang penulis. makanya disebut perspektiv, lalu apa perspektiv anda?




{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar